Selasa, 07 Juni 2016

Wanita Tarim Hanya 3 Kali ke Luar Rumah

OLEH M AIDIL ADHAA, alumnus Ummul Ayman Samalanga, mahasiswa Fakultas Syari‘ah dan Hukum Universitas Al-Ahgaff, melaporkan dari Tarim, Yaman
SECARA umum, Tarim di Yaman merupakan representasi kota-kota di
Aceh pada tahun 80-an, mulai dari fasilitas umum, pertokoan sampai sumber daya manusianya.
Dalam kesehariannya, warga Tarim masih kuat memegang budaya yang berlandaskan Islam. Sesibuk apa pun mereka, tapi tatkala azan berkumandang, anak-anak hingga orang tua serentak menghentikan aktivitasnya dan segera ke masjid. Kota yang hanya seukuran kecamatan di Aceh ini memiliki 360 masjid yang tersebar hingga ke pelosok desa.
Hal lain yang membuat saya takjub adalah ketika memperhatikan bangunan-bangunan di kota ini. Hampir semua masjid dan rumah warga di sini dibangun dari tanah liat, namun tetap kokoh. Sebut saja Masjid Al-Muhdhar yang sampai sekarang masih berdiri tegak, meski sudah sangat tua. Masjid ini juga memiliki menara dari tanah liat yang tertinggi di dunia, mencapai 46 meter.
Wanita di wilayah ini terbiasa sejak kecil dibesarkan di lingkungan ulama. Siang malam mereka berada dalam majelis ilmu, belajar Alquran, adab, akhlak, dan tasawuf. Mereka besar dalam suasana tidak mengenal radikalisme dan kebiadaban, tidak mengenal wajah orang fasik, sehinga para wanita Tarim lebih aman dari perlakuan pria-pria kejam dan penuh nafsu tatkala melihat wanita.
Ajaibnya lagi, agar tidak bercampur antara pria dan perempuan, masyarakat Tarim membuat pasar khusus untuk wanita. Meski begitu, para wanita tersebut tetap mengenakan cadar serta meminimalisir kesempatan untuk ke luar rumah. Maka tidak heran, beberapa tahun lalu masih banyak dijumpai wanita yang selama hidupnya hanya tiga kali ke luar rumah.
Mereka ke luar dari rumah, pertama ketika pada masa kanak-kanak, kedua ketika pindah ke rumah suaminya, dan ketiga ketika menuju kuburan (meninggal dunia).

1 komentar:

  1. Bagi para lelaki, ayo ikutin masyarakat Tarim dalam memuliakan wanita
    https://aidilridhwanismailsenja.blogspot.com/2020/02/nasehat-bagi-lelaki-ayo-teladani.html

    BalasHapus