Minggu, 14 Juni 2009

Komplek Pemakaman ( Turbah ) di Kota Tarim

Komplek Pemakaman ( Turbah ) di Kota Tarim

Menulusuri jejak para Aulia Allah tentunya tidak lepas dari maklumat kita tentang keberadaan tempat mereka dimakamkan, dikota ini ada tiga komplek pemakaman yang masyhur terletak ditengah-tengah kota dengan jarak yang saling berdekatan. Komplek pemakaman tersebut adalah Al-Akdar, Al-Furoith, dan Zanbal. Ketiga komplek pemakaman ini kemudian diberi nama Al-Bassyar yang diambil dari nama orang yang mewakafkan tanah tersebut.


1. Al-Akdar

Al-Akdar adalah komplek pemakaman mayoritas masyarakat awam, namun disitu juga dimakamkan seorang wali yang memiliki futuh para pengkaji ilmu Nahwu. Komplek pemakaman Al-Akdar terletak persis dibelakang Hotel KENYA Tarim.

2. Al-Furaith

Al Furaith adalah pemakaman mayoritas keluarga Bafadhal dan Al-Khatib dari kalangan para masyaikh. Syeikh Abdurrahman As-Segaff berkata :"Di sana terdapat lebih dari sepuluh ribu wali-wali". Sebagaimana telah disaksikan ahli kasyaf bahwa rahmat Allah turun ke arah pemakaman tersebut, kemudian menuju arah yang lain. Para masyayikh dan ulama-ulama Makkah berkata : "Di bawah Al-Furoith Al-Ahmar ada satu kebun dari kebun-kebun sorga". Komplek pemakaman ini terletak disebelah barat Al-Akdar.

3. Zanbal

Zanbal adalah komplek pemakaman yang paling besar dimana para wali Allah dimakamkan, Habaib dzuriah Rasulullah SAW. Syeikh Abdurrahman As-Segaff berkata : "Telah di makamkan di sana lebih dari sepuluh ribu wali-wali Allah". Di sana juga dimakamkan delapan puluh quthub dan sejumlah sahabat Rasulullah SAW, yang diutus oleh Abu Bakar As-Siddiq bersama Ziyad bin Labid Al-Anshari untuk memerangi ahli riddah (orang-orang murtad) dan meninggal di sana, tanpa diketahui dengan tepat letak penguburan mereka. Syeikh Abdurrahman As-Segaff berkata :"Kubur mereka (para sahabat) terletak di sebelah timur makam Syeikh Al-Faqih Al-Muqaddam" dekat dengan makam Al-'Arifbillah Abu Bakar Basyamileh.

Sebagian ahli kasyaf telah menyaksikan bahwa Rasulullah SAW, beserta Abu Bakar dan Umar r.a telah menziarahi makam-makam di Zanbal. Komplek pemakaman zanbal terletak disebelah selatan Al-Furaith.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar